Cara daftar Grabfood , syarat dan perhitungan pajak yang berlaku. - Wajadda

Cara daftar Grabfood , syarat dan perhitungan pajak yang berlaku.

Cara Daftar Grabfood - Apakah anda sedang ingin mengembangkan Bisnis Kuliner (Rumah makan, Restoran, atau Frencess) yang sedang dijalani.?  dengan cara yang mudah dan Bisnis dapat dikenal kalangan luas.! Nah mungkin anda dapat mencoba cara daftar grabfood.

Kenapa menggunakan Grabfood? Seperti yang dilansir dari grab.com, Grabfood adalah salah satu layanan pesan dan antar makanan secara online. Tentunya ini sangat menggembirakan bagi anda pecinta Kuliner. Karena ada banyak jenis makanan dan minuman yang ditawarkan. dengan tarif hemat pengantar grabfood yakni mulai dari Rp. 3000.

Cara daftar grab food syarat dan perhitungan pajak

Untuk jam oprsional grabfood sendiri mulai pukul 10:00 -23:59. Bayangkan jika Bisnis Kuliner anda mampu berkembang dengan baik maka peluang untuk meningkatkan penghasilan anda sangatlah mudah. Maka tidak ada salahnya anda mengetahui cara daftar grabfood untuk mengembangkan bisnis anda

Grab food saat ini telah hadir di semua kota besar indonesia sehingga peluang anda untuk bergabung menjadi salah satu mitra grabfood sangatlah terbuka lebar. Sistem pembayaran yang ditawarkan yakni secara tunai. Untuk di beberapa kota grab juga telah bekerja sama dengan OVO , yakni salah satu penyedia layanan uang digital yang ada di indonesia. Saat ini untuk kota yang telah tersedia pembayaran melalui Ovo adalah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Lampung dan Palembang.

Salah satu Fitur unggulan yang ditawarkan oleh grab food adalah "Pelacakan sistem Real-Time". Dengan fitur ini Posisi dan Estimasi dari pengemudi dapat di ketahui, Jika posisi dari pengemudi tidak berubah maka dapat langsung menghubungi melalui Nomor yang tertera didalam aplikasi.

Jika anda berminat untuk menjadi salah satu mitra dari grabfood. maka proses untuk bergabung dengan layanan ini sangatlah mudah. Kenapa dikatakan mudah karena proses pendaftaran dan aktivasi akun grabfood dapat dilakukan secara online. yang perlu anda siapkan adalah perangkat Smarthphone (iOs, atau Android), juga dapat perangkat lain seperti laptop atau komputer, yang terpenting memiliki akses internet.

Sebelum anda ingin bermitra dengan grab food maka ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan yakni menentukan titik koordinat dari restoran. Yang anda miliki. Fungsi dari penandaan koordinat tersebut untuk mempermudah pada saat aplikasi ingin menuju ke alamat yang anda berikan. Dari titik koordinat tersebut proses pesan antar Makanan oleh Driver terjadi. Lalu bagaimana caranya menentukan titik koordinat tersebut. Anda dapat melakukan nya melalui dua cara yakni dengan smartphone ataupun dengan komputer.

Mencari Titik Koordianat untuk Daftar  Go food

Mencari tiitik koordinat grab food di handphone dan komputer

1. Mencari titik koordinat dengan handphone

  • Buka aplikasi Google Maps pada ponsel anda
  • Lalu cari alamat dari tempat usaha atau restoran anda di Google Maps
  • Jika lokasi sudah anda ditemukan maka langkah selanjutnya geser dan tahan (pin yang berwarna merah) hingga muncul informasi yang berisi bahwa “Pin Dipasang” atau bisa juga dengan cara lain yakni “Dropped Pin”
  • Setelah itu tekan “Info Selengkapnya” lalu geser laman keatas sehingga informasi dari pin tadi muncul.
  • Silahkan klik dan tahan  titik koordinat seperti digambar yaitu  -7.42263.109.830180, lalu lepas sampai muncul notifikasi “Koordinat disalin ke clipboard”
  • Simpan titik koordinat restoran yang telah di salin untuk diisi ke formulir pendaftaran nanti.

2. Browser pada Komputer



Hidupkan komputer atau laptop yang anda. kemudian, buka browser yang telah terinstal seperti Chrome, Mozilla,  Chromium dan sebagainya. Selanjutnya akses website Google Maps https://www.google.com/maps dan carilah alamat tempat usaha atau restoran yang akan Anda daftarkan pada GrabFood. Setelah lokasi restoran ditemukan, selanjutnya tekan tanda merah tersebut dan klik kanan.

Ada 9 pilihan  menu, Silahkan di klik pada menu ‘Ada apa di sini?’. letaknya nomor tiga dari menu dari atas. Sebuah kotak berisi penjelasan nama alamat dan titik koordinat ada pada bagian bawah. Silahkan simpan titik koordinat tersebut untuk di isikan dalam formulir pendaftaran.




1. Masuk ke Situs Grab terlebih dahulu

Cara mendaftar grab food terlebih dahulu anda harus mendaftar secara online dilaman resmi dari grab. grab.com/id/grabfood/  maka anda akan di bawa ke laman dashoard dari grab food.

cara dan syarat daftar grab food


2. Mengisi Formulir Pendaftaran  Restoran Anda

Di dalam dashboard grab pada sebelah kiri dari ada form pendaftaran. silahkan masukkan detail Anda untuk memulai bergabung sebagai mitra grab. silahkan isi mulai dari Nama bisnis/ Restoran, Alamat Bisnis/ Restoran, Kota, Nama Depan, Nama Belakang, Nomor Handphone, Alamat Email, Catatan atau Pertanyaan, dan yang paling terakhir jangan lupa untuk mencentang Recaptcha. Recaptcha digunakan untuk validasi selanjutnya tekan Daftar untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

3. Cek Email pada kotak masuk lalu tekan Registrasi

Setalah anda mengklik pendaftaran silahkan anda login ke Gmail anda cek email di kotak masuk. buka email. Cara mengaktifkan grabfood anda harus memvalidasi email anda terlebih dahulu dan meregistrasi restoran anda. silahkan  anda klik link berikut berwarna biru yang bertuliskan Registrasi Restoran di Grab Food. Maka anda di bawa ke laman berikutnya. Anda di bawa ke laman Bantuan Grab bisa 


4. Syarat Kerjasama dengan Grabfood

jika sudah melakukan pendaftran di awal masih ada syarat untuk mendaftar gojek yang harus anda lengkapi. setelah anda memverifikasi email maka pihak Go food akan mengirimkan sebuah email yang berisi tentang syarat-syarat yang harus di ikuti untuk bermitra dengan Grab food. Kontrak kerja sama tersebut berbentuk PDF. silahkan pelajari lebih lanjut tentang kontrak kerja sama tersebut akan tetapi lebih jika anda mencetakknya.

Silahkan pastikan kembali di dalam syarat kerja sama tersebut apakah sudah sesuai dengan yang anda masukkan pada pendaftran awal baik Nama, Tanda tangan, Jabantan dan lain-lain. akan tetapi jika masih terdapat kesalahan anda dapat mengakses link berikut untuk memperbaikinya Pendaftan Grab food silahkan klik link tersebut dan isi data sesuai dengan petunjuk pada website tersebut.

5. Melengkapi Dokumen dan Data yang di butuhkan

Langkah selanjutnya untuk menyeselaikan pendaftran grab food adalah mengisi formulir yang di butuhkan sebagai syarat daftar gojek online. Berikut data-data yang dibutuhkan:


  1. Foto KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku: jika tidak ada KTP bisa menggantinya dengan Resi. Karena yang digunakan harus KTP asli bukan KTP yang sudah di fotocopy. selain itu KTP harus dapat terbaca dengan jelas. Bagaimana jika menggunakan SIM. Maka jawabannya tidak bisa.
  2. Foto Selfi dengan memegang KTP Anda: Anda harus foto dengan KTP yang anda miliki
  3. Foto NPWP Asli: Foto dari NPWP asli yang anda miliki buka hasil fotocopy
  4. Foto Daftar Menu Restoran: Foto Daftar menu yang anda miliki untuk ditampilkan dalam aplikasi Grab food nantinya harus disertai dengan harga.
  5. Foto Makanan Restoranr: Foto hasil hasil masakan yang sesuai tertera dalam menu. Usahakan tampilan yang menarik. anda dapat menambahkan hingga beberapa foto. Dengan semakin banyak foto menarik tersebut nantinya dapat mendongkrak penghasilan anda. minimal ukuran foto 540×300 pixel
  6. Foto bagian Luar restoran: Pada foto tersebut usahakan ada tulisan, banner, pamflet yang menunjukkan Nama dari restoran yang anda miliiki.
  7. Foto bagian dalam restoran: Untuk Foto bagian dalam usahakan terlihat bagian dari kasir, dapur, meja makan.
  8. Foto Logo restoran: Sertakan juga logo dari restoran. jika anda tidak memiliki saran saya buatlah logo tersebut. Karena logo juga bisa digunakkan untuk branding restoran anda.
  9. Foto buku tabungan atau screen shot E-banking anda: Didalam foto tersebut nomor rekening harus dapat terlihat jelas. jika pemilik rekening atau tabungan berbeda dengan pemilik utama maka anda harus melampirkan surat kuasa. anda dapat mengunduhnya disini : Surat Kuasa

6. Masuk kembali dalam halaman website Grab


Silahkan klik link berikut untuk menuju halaman website https://grb.to/forminfoGrabFood . Luangkan beberapa menit untuk mengisi detail data yang di butuhkan oleh pihak grab. didalamnya anda akan diminta melengkapi kontrak Grabfood yang sudah dibubuhi matrai. selain itu terdapat beberapa point yang harus anda isi mulai dari Alamat email, selfie Ktp, kontrak, detail raestoran, alamat lengkap, buka tutup toko, menu dan harga, kontak dari penanggung jawab dan  informasi rekening atau  juga dapat menggunakan Ovo.

7. Perhitungan Pajak Grab food


  • Harga non pajak atau tidak memiliki pajak : berarti harga barang sesuai yang tertera dalam menu dan tanpa penambahan dan pengurangan pajak
  • Harga inclusive atau termasuk pajak : Harga akan dipotong pajak dengan nilai 10. Sebagai contoh harga makanan A Rp. 20.000 maka akan dipotong 10% menjadi Rp. 18.181.Sehingga pada saat konsumen melakukan order sudah otomatis membayar pajak dengan angka Rp. 20.000
  • Harga exclusive atau tidak termasuk pajak : harga makanan akan ditambahkan dengan pajak yang berlaku oleh restoran
  • Service Fee : Harga akan dibagi dengan biaya servis yang ditentukan pihak restoran apabila dikenakan biaya pada saat pembelian makanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel