Ingat beberapa hal berikut, saat anda akan menggunakan lift - Wajadda

Ingat beberapa hal berikut, saat anda akan menggunakan lift

Bagi anda yang sudah terbiasa naik lift baik di Mall, di hotel, atau pun di gedung yang mempunyai lantai yang tinggi maka  tentunya hal tersebut akan sangat membantu anda.

Tapi pernahkan anda berpikir  ternyata ada beberapa peraturan yang harus di ketahui? Lalu peraturan apa saja sih yang harus anda patuhi ketika sedang menggunakan lift. 

Kok ribet banget sih naik lift harus menggunakan peraturan. Iya tentunya, karena lift yang ada di suatu gedung ditujukkan sebagai fasilitas umum. Fasilitas  tersebut untuk memudahkan bagi semua penggunanya. Maka dari itu untuk kenyamanan dan keamanan yang bagi semua pengguna. Lalu apa saja peraturan yang harus di patuhi oleh setiap pengguna lift. Simak pada artikel di bawah ini:

tips menggunakan lift yang benar
Tips mengguanakan lift

1. Mendahulukan penumpang yang akan keluar lift.


Sering kita lihat orang yang akan menggunakan lift tidak bersabar sehingga memaksa untuk masuk duluan. Akibatnya orang yang akan keluar ikut tertahan dan terjadi penumpukan di pintu lift. 

Selain memperlama perjalanan lift hal tersebut juga di rasa kurang menyenangkan bagi pengguna yang lain. Maka dari itu dahulukan orang yang keluar terlebih dahulu. Bayangkan juga apabila yang di dalam lift lansia, bayi dan difabel. Sebagai sesama pengguna lift kita wajib menghargai hak masing-masing orang.

2. Jangan menggunakan lift apabila terjadi bencana atau gempa bumi.


Di saat kondisi darurat seperti gempa bumi, kebakaran, dan lain-lain. Jangan pernah menggunakan lift. Kenapa? Karena sifat lift melayang mengikuti alur dari besi yang menjadi landasan roda lift berjalan. Selain itu untuk dapat berjalan, lift juga menggunakan fanbell yang terus berputar saat lift beroperasi.

3. Menekan tombol yang di tuju sesuai dengan lantai yang akan anda tuju. Karena salah dalam memilih lantai akan berpengaruh ke kinerja lift.

Dengan menekan tombol yang salah maka fungsi lift akan terganggu dan juga kinerja dari lift harus 2 kali.

4. Dilarang berdiri di depan lift.

Jika anda menggunakan lift jangan pernah berdiri di depan lift apalagi jika anda bersandar pada pintu lift. Di khawatirkan jika pintu terbuka secara tiba-tiba dan anda tidak menyadarinya maka hal ini dapat mengancam keamanan anda. 

Maka gunakan jarak 1 sampai 2 meter dari pintu. Selain untuk keselamatan anda, juga tidak mengahalangi orang yang akan keluar dari dalam lift.

5. Untuk keselamatan dilarang melompat dan membebani lift secara berlebihan.

  
Biasanya lift hanya mampu mengangkat 1300 Kilogram. Jika muatan yang ada di dalam lebih dari berat yang di tentukan maka secara otomatis sensor yang ada dalam lift akan berbunyi. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya sebagian dari penumpang yang ada dalam lift harus keluar. Jika tidak maka maka liftnya ngambek.. Haha gak akan jalan maksudnya.

6. Saat terjadi masalah saat di dalam lift maka gunakan tombol interphone atau tekan tombol bel untuk mendapatkan pertolongan pertama. Jangan mencoba keluar lift secara paksa karena akan membahayakan diri sendiri.


Saat menggunakan lift bisa saja terjadi kondisi yang di inginkan seperti lift mati secara mendadak. Jika masalah ini terjadi anda dapat menggunakan interphone yang ada di dalam lift. selain itu anda juga dapat menekan tombol lonceng. tempatnya jika tidak didepan ya di samping dari lift.

7. Jangan biarkan anak-anak sendiri di dalam lift tanpa ada pendampingan dari orang tua.


Akan sangat berbahaya jika anak-anak berada dalam lift sendiri. Maka dari itu perlu pengawasan orang tua untuk mengawasi buah hatinya.

Itulah beberapa peraturan yang harus anda ketahui saat menggunakan lift. Hal tadi di tujukan agar semua orang mendapat kemudahan dan hak yang sama. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga: Cara daftar grabfood online.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel